Biji Pepaya banyak Manfaatnya



Biji buah pepaya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, yakni memiliki kandungan zat penurun kadar kolesterol. Konsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai anti oksidan dalam darah. Dalam penelitian mengenai jus biji buah Pepaya, ditemukan jika biji pepaya terbukti secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.


Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji buah pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan anti oksidan dalam darah,” terangnya.

Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Sementara secara khusus saponin yang ada dalam biji buah pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

“Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Sementara Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas.

Cara penyajiannya cukup mudah. Cuci lantas jemur biji pepaya 2-3 hari. Setelah kering blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk. Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. Selain untuk kholesterol kandungan biji pepaya juga baik bagi pencernaan.

sumber : facebook.com/pages/dr-Wahyu-Triasmara-Dokter-Sahabat-Anda